Sebenarnya Lebih Baik Minum Jus Sayuran atau Buah?

0
2
Foto: iStock

FI.CO, Jakarta – Saat bosan dengan buah potong, banyak orang yang menggantinya dengan jus. Selain bisa untuk detoksifikasi, sebenarnya lebih sehat jus buah atau sayur?

Jus yang diolah dengan sayur dan buah asli sangat baik untuk detoksifikasi tubuh. Walaupun buah potong segar lebih disarankan ketimbang jus, akan tetapi untuk mencegah kebosanan banyak orang konsumsi buah atau sayur dengan cara dijus.

Jus jeruk mengandung tinggi vitamin C, sedangkan jus bayam dan mentimun bisa jadi minuman sehat yang menyegarkan dengan kombinasi apel, bit dan wortel yang efektif untuk membantu turunkan berat badan.

Sebenarnya Lebih Baik Minum Jus Sayuran atau Buah?
Foto: iStock

Saran umum untuk meracik jus adalah mengikuti peraturan 90/10 yang berarti 90 persen bahan Anda harus sayuran dan 10 persennya harus buah untuk menambahkan sensasi rasa manis dalam minuman Anda. Dikutip dalam NDTV (16/11) alasannya adalah buah mengandung gula dalam bentuk fruktosa.

Banyak ahli kesehatan setuju bahwa jus buah dapat menyebabkan kelonjakan kadar gula darah, sehingga bagi penderita diabetes harus mengonsumsinya secara moderat.

Ahli gizi bahkan menyarankan untuk menghindari jus karena hanya mengandung karbohidrat, serat dan gula, karena tanpa protein rasa lapar dapat meningkat lebih cepat.

Agar tak mudah lapar, cobalah membuat smoothies dengan campuran susu atau yogurt, kacang-kacangan, gandum dan beberapa campuran buah atau sayuran segar.

Sayuran cenderung mengandung senyawa yang lebih basa daripada buah-buahan dan dapat menjaga keseimbangan pH di perut Anda serta menstabilkan cairan dalam tubuh. Dr. Anju Sood mengatakan bahwa sayuran dan buah keduanya mengandung vitamin dan mineral yang setara.

Sebenarnya Lebih Baik Minum Jus Sayuran atau Buah?
Foto: iStock

“Tapi jika Anda melihatnya dari segi kandungan gula, pastinya jus sayuran lebih sehat karena mengandung sedikit gula dibandingkan dengan jus buah. Keduanya dapat dikonsumsi setiap hari selama mereka menjalani konsumsi diet seimbang. Bagi anak-anak, saya rekomendasikan jus buah karena bisa mendorong energi yang cukup besar,” jelasnya.

Dr. Shalini Manglani berkata, “Kombinasi yang ideal adalah jus sayuran dengan sepotong buah di dalamnya untuk menambahkan rasa manis. Anda bisa mencoba versi berbeda dengan menambahkan buah apel, bit dan seledri atau sayuran hijau dengan apel, mentimun atau jahe,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebaiknya konsumsi langsung sayuran dan buah segar daripada membuatnya menjadi jus.

LEAVE A REPLY