6 Kebiasaan di Pagi Hari yang Ternyata Lebih Baik Dilakukan Saat Malam

0
55
Foto: Thinkstock

FI.CO – Meski terlihat sepele, jika dilakukan secara rutin sejumlah kebiasaan bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Misalnya bangun pagi dan membaca buku non-fiksi yang banyak dilakukan orang-orang sukses dunia.

Untuk berpenampilan lebih menarik, kebiasaan merawat tubuh dan wajah pun patut diterapkan secara rutin. Jika Anda tak sempat melakukannya di pagi hari, jangan khawatir. Sejumlah kebiasaan baik ini ternyata lebih efektif dilakukan saat malam.

1. Cuci Muka
Cuci muka memang penting dilakukan di pagi hari terutama sebelum Anda keluar rumah. Namun mencuci wajah lebih penting lagi dilakukan saat malam untuk membersihkan segala kotoran, debu, juga makeup.

Apalagi malam hari adalah waktunya kulit meregenerasi sehingga penting untuk benar-benar bersih. Sedangkan tujuan cuci muka di pagi hari lebih kepada menyegarkan wajah. Usahakan untuk memilih sabun dengan formula lembut yang tidak mengiritasi kulit.

“Kamu tidak mau merusak lapisan kulit dan minyak alami yang melindungi,” kata Tsippora Shainhouse, MD yang merupakan dermatologis AS kepada Time.

2. Produk Retinoid
Anda yang sedang intens merawat kulit wajah mungkin menggunakan produk berbahan retinoid di keseharian. Namun tahukah Anda jika kandungan tersebut akan lebih baik diaplikasikan ketika malam?

Retinoid dikenal baik memperbarui dan mendorong pembentukan kolagen. Kulit pun bisa terlihat lebih muda jika menggunakannya secara berkala. Agar kulit tidak iritasi, produk retinoid sebaiknya dipakai sebelum tidur.

“Banyak pelembap, serum, sunscreen mengklaim mengandung retinoid tapi itu terbuang ketika ditambahkan pada produk-produk siang hari karena hampir semua retinoid tercerai oleh sinar matahari,” ungkap Tsippora.

3. Pakai Mouthwash
Banyak orang memakai mouthwash setelah gosok gigi di pagi hari. Tapi ternyata itu merupakan salah satu kebiasaan yang lebih disarankan dilakukan saat malam. Pakai mouthwash ketika pagi bisa membuat mulut kering dan gigi lebih berisiko busuk dan berlubang.

Menurut dokter gigi kosmetik Lana Rozenberg, DDS, menggunakan mouthwash saat malam justru dapat memproteksi gigi dari kekeringan air liur. Kandungan antiseptiknya bisa membunuh bakteri yang kadang merusak gusi dan menyebabkan bau mulut.

Sedangkan flour akan mencegah gigi berlubang. Namun usahakan untuk tidak memilih mouthwash beraroma mint menyengat yang justru bisa bikin sulit tidur.

4. Makan Yogurt
Saat sarapan, Anda mungkin sering menyantap yogurt. Yogurt memang dikenal baik untuk pencernaan dan bisa meningkatkan sistem imun.

Manfaat yogurt tersebut pun akan bekerja lebih baik jika dikonsumsi malam hari. Menurut pakar diet Michelle Routhenstein, RD, makan yogurt di malam hari juga dapat membantu memperbaiki otot.

5. Olahraga
Kebanyakan orang akan olahraga di pagi hari bahkan sebelum matahari terbit. Tapi latihan fisik juga baik dilakukan saat malam jika Anda tidak sempat olahraga pagi.

Tak perlu melakukan latihan yang terlalu keras, berjalan 15 sampai 20 menit pun cukup untuk meningkatkan pasokan oksigen yang dibutuhkan agar Anda bisa pulih setelah bekerja keras. Stretching sebelum tidur juga dapat menyiapkan otot dan tendon meregenerasi saat tidur.

6. Pakai Deodoran
Pakai deodoran setelah mandi pagi mungkin adalah salah satu kewajiban Anda. Ternyata deodoran lebih efektif jika diaplikasikan saat malam sebelum tidur.
Alasannya adalah ketika malam, tubuh tidak terlalu banyak beraktivitas sehingga tidak berkeringat.

Itu membuat deodoran bekerja lebih maksimal. Dengan begitu, produk antipersipirant akan lebih maksimal mengecilkan pori-pori ketiak sehingga keringat akan lebih terkontrol saat siang. Anda pun bisa memakainya lagi saat pagi untuk memastikan tubuh segar seharian.

LEAVE A REPLY