Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

0
37
Foto: iStock

FI.CO – Agar puasa lancar dan tak alami lemas sepanjang hari, Anda bisa lakukan beberapa hal ini. Dengan pola makan yang baik tentu selama Ramadan tubuh tetap sehat.

Baru puasa hari kedua, mungkin sebagian orang akan memuaskan diri dengan makanan enak saat berbuka. Pemilihan makanan yang kurang tepat bisa saja membuat Anda alami sakit seperti tenggorokan atau batuk. Untuk itu, dikutip dalam The Guardian (16/05) 8 tips sehat ini bisa dilakukan agar tubuh tetap segar dan bugar.

1. Jangan lewatkan sahur
Di luar Ramadan, sarapan jadi waktu makan yang sangat penting. Meskipun jamnya berbeda, namun mengonsumsi makanan sehat saat sahur juga jadi hal yang penting.

Makanan yang dinikmati saat sahur bisa jadi cadangan energi tubuh dan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik hingga tiba waktu berbuka. Ketika berbuka, sebaiknya jangan konsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa.

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
Konsumsi makanan saat sahur haruslah mengandung gizi yang baik. Makanan ini harus mengandung karbohidrat yang komplet dan juga lambat dicerna seperti oats serta kacang-kacangan sehingga dapat memberikan rasa kenyang selama berpuasa dan menjaga gula darah Anda tetap stabil.

Makanan juga harus mengandung serat seperti sereal, buah dan sayuran dan protein berupa telur, daging, yogurt dan keju untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari.

3. Jangan berlebihan
Saat puasa memang semua makanan terlihat sangat menggiurkan, tetapi sangat penting untuk menyantap sajian berbuka dengan perlahan.

Ketika berbuka, mulailah dengan air putih dan beberapa buah kurma yang dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh dan membantu mengeluarkan enzim pencernaan sebagai persiapan menikmati makanan setelah berjam-jam puasa.

Seusai shalat tarawih, Anda bisa mencicip makanan yang mengandung banyak sayuran, protein dan karbohidrat. Hindari lemak dan makanan yang banyak minyak. Dan pastikan makan perlahan-lahan untuk memberi waktu tubuh untuk mencerna makanan.

4. Pilihlah sup
Sup bening yang hangat bisa jadi pilihan untuk sajian berbuka puasa. Selain itu sup juga mudah dibuat dan bersifat menghangatkan tubuh. Sup yang berisi sayuran dan lauk berprotein biasanya mengandung wortel, kentang hingga daging ayam. Enak disajikan hangat-hangat.

5. Tetap terhidrasi
Sebaiknya minum banyak cairan diantara waktu berbuka dan sahur. Ini akan membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Meskipun es buah, susu dan jus adalah sumber cairan.

Akan tetapi air putih adalah pilihan yang terbaik. Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari dan konsumsi minuman lain dalam jumlah cukup atau tak terlalu banyak.

6. Hindari minuman berkafein
Kafein bersifat diuretik. Ini artinya bahwa kafein dapat menstimulasi pelepasan air dari tubuh secara cepar dan membuat tubuh lebih mudah untuk dehidrasi. Saat berpuasa, hindari beberapa minuman yang mengandung kafein seperti teh, minuman bersoda atau kopi.

7. Kurangi makanan berlemak dan manis
Makanan yang diproses dengan campuran karbohidrat seperti tepung terigu dan gula mengandung banyak lemak dan biasanya rendah nutrisi. Selama puasa sebaiknya hindari makanan yang seperti ini untuk menghindari kelebihan kalori.

Konsumsi makanan seimbang dapat membantu memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda selama Ramadan.

8. Hindari gorengan
Siapa yang tak tergoda dengan makanan renyah dan memiliki rasa gurih. Makanan tinggi minyak ini bisa membuat tenggorokan Anda kurang nyaman.

Dan kebanyakan gorengan yang dijual, minyaknya sudah dipakai berkali-kali sehingga kurang baik untuk kesehatan. Jika ingin menikmati gorengan saat berbuka, sebaiknya buat sendiri dan batasi jumlahnya agar tak berlebihan.

LEAVE A REPLY