5 Tips Jaga Kesehatan Selama di Dalam Kendaraan Saat Mudik

0
11
Foto: DW (News)

FI.CO РBerniat mudik Lebaran tahun ini? Sudah mempersiapkan segala keperluan termasuk barang-barang yang akan dibawa saat mudik? Jika sudah, maka Anda juga harus memerhatikan kesehatan fisik selama perjalanan.

Sering kali karena terlalu bersemangat menyiapkan liburan dan mudik, hal-hal yang perlu dilakukan selama perjalanan jadi terabaikan. Supaya momen mudik tak terganggu stamina yang loyo, ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat di perjalanan.

1. Jangan Duduk Terus
Saat berpergian dengan transportasi udara, laut maupun darat, biasakan bangun dari kursi dan lakukan peregangan otot setiap jam, selama lima menit.

Regangkan tangan dan kaki, dan jika memungkinkan, cobalah sedikit berjalan-jalan di dek kapal atau koridor pesawat. Bila naik mobil pribadi, sering-sering lah istirahat di pom bensin dan keluar dari mobil untuk sekadar berjalan-jalan. Begitu juga jika Anda naik bus.

Cara ini bermanfaat membantu melancarkan sirkulasi darah agar tubuh tidak pegal-pegal atau kesemutan selama perjalanan.

2. Bawa Obat-obatan
Biasakan selalu membawa P3K yang berisi obat-obatan yang Anda perlukan. Misalnya minyak kayu putih, minyak aromaterapi, obat anti mabuk, obat masuk angin, obat sakit kepala, dan sebagainya.

Jika Anda menderita penyakit serius atau alergi yang bisa timbul mendadak, sangat penting untuk membawa semua obat yang diperlukan. Bawa obat dalam jumlah yang agak banyak dari dosis normal, untuk berjaga-jaga.

3. Hindari Kafein
Sangat penting membatasi asupan kafein selama dalam perjalanan. Mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi atau teh berdampak buruk bagi syaraf dan bisa menyebabkan ketegangan ekstrem, terutama jika Anda berpergian selama berjam-jam.

Bukannya tidak boleh mengonsumsi kafein, namun kurangi maksimal dua cangkir sehari. Hindari juga terlalu banyak konsumsi minuman energi agar tubuh tidak loyo setelah perjalanan jauh.

4. Tidur
Manfaatkan waktu tidur sebisa mungkin. Tidur kapanpun Anda merasa ngantuk akan memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat, meskipun hanya 15 menit. Tidur juga membantu Anda menyimpan energi untuk tetap sehat dan aktif selama perjalanan.

5. Minum Cukup Air Putih
Dehidrasi biasanya menjadi masalah paling umum, namun bisa berbahaya dalam perjalanan. Kurang cairan bisa menyebabkan lesu dan lemas. Karena itu, pastikan asupan cairan Anda cukup selama dalam kendaraan.

Jika mudik saat berpuasa, pastikan asupan air putih Anda cukup saat sahur. Teguklah dua gelas air putih sebelum sahur, saat makan sahur, dan menjelang imsyak.

Selamat mudik dan liburan, jaga selalu kesehatan Anda!

LEAVE A REPLY