Nutrisi yang Kamu Butuhkan untuk Mengatasi Nyeri Sendi

0
40
Foto: ilustrasi/thinkstock

FI.CO – Radang sendi atau yang biasa dikenal dengan rematik merupakan hal yang sangat mengganggu bila sudah menjangkit tulang kita. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini dapat menjadi lebih parah dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Kenyataannya tidak cuma orang tua yang dapat terkena penyakit ini. Banyak juga kasus anak sampai orang berusia produktif yang terserang rematik akibat obesitas serta kurangnya aktivitas diluar ruangan.

Dikutip dari detikcom, ahli rematologi Presbyterian Hospitals Dallas Scott Zashin mengatakan bahwa tidak ada makanan yang bisa mengobati rematik secara pasti kecuali dengan obat.

Tapi beberapa orang berkata bahwa dengan mengkonsumsi makanan dibawah ini ampuh mengurangi rasa sakit dari radang sendi tersebut.

Makanan yang dimaksud antara lain adalah:

1. Daun Ketumbar

Berdasarkan hasil penelitian Toxicology and Industrial Health pada bulan September 2014, daun ketumbar mampu meredakan radang sendi. Khasiat tersbut berasal dari kandungan herbal yang dimiliki daun ketumbar, selain untuk radang sendi daun ketumbar juga bisa meredakan penyakit radang yang lainnya.

2. Teh Hijau

Mengkonsumsi secangkir teh hijau dipercaya mengurangi rasa sakit pada sendi karena khasiat teh yang sifatnya merilekskan tubuh dan pikiran. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan penyakit radang dalam tubuh.

3. Ikan

Asam lemak omega 3 yang dimiliki oleh ikan bisa dimanfaatkan sebagai obat radang sendi. Penelitian Annals of Rheumatic Diseases menyebutkan bahwa penderita radang sendi yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega 3 merasakan sakit lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.

4. Buah Pomegranate

Menurut hasil studi Advanced Biomedical Research buah ini memiliki manfaat untuk menghambat proses peradangan sendi. Bahkan khasiatnya bisa melebihi teh hijau.

LEAVE A REPLY