Kebiasaan Minum Kopi Saat Sarapan Punya Dampak Positif Untuk Kesehatan

0
40
Foto: istimewa

FI.CO – Bukan hanya bisa membuat lebih fokus, kopi ternyata punya sederet manfaat baik lainnya. Jadi kalau punya kebiasaan ngopi saatsarapan, lanjutkan!

Kopi adalah minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi dunia setelah air. Dilansir dari Step to Health (25/7) ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh saat menjadikan kopi sebagai menu pendamping sarapan, melansir detikcom.

Sarapan di pagi hari jadi waktu makan yang penting, setidaknya perut diisi dengan makanan sebelum memulai aktivitas. Makan sarapan disertai dengan secangkir kopi ternyata bisa membuat lonjakan manfaat lho. Apa saja?

  1. Membuat fokus dan meningkatkan daya ingat
    Kafein yang dikonsumsi pagi hari bisa membangunkan sel-sel dalam otak agar lebih fokus. Kopi mengandung zat yang ampuh mengurangi sakit kepala jadi daripada mengonsumsi obat, lebih baik minum secangkir kopi.

    Kopi juga merupakan stimulan sistem saraf pusat. Konsumsi yang disarankan dalam sehari adalah dua cangkir kopi. Konsumsi saat pagi dan sore hari sudah cukup membuat Anda fokus sepanjang hari. Ingat, dua cangkir bukan dua gelas mug.

  2. Tinggi antioksidan
    Kopi kaya akan kandungan antioksidan yang memperkuat sel-sel dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga berperan melindungi tubuh dari radikal bebas.

    Kopi juga membantu mengurangi stres, perannya bahkan sebanding dengan obat anti stres. Jadi minum kopi pagi hari bisa membuat ppikiran lebih rileks. Yang menarik, kopi hijau lebih kaya antioksidan dan lebih baik saat membakar lemak.

  3. Melindungi bakteri baik di usus
    Secangkir kopi berfungsi sebagai probiotik untuk merawat bakteri baik dalam usus. Jika tidak dijaga dengan baik, organ tubuh ini dikenal sebagai pusatnya sumber penyakit.

    Kandungan kopi yang dikonsumsi pagi hari bisa membantu mengatur gerakan pada usus. Inilah yang kemudian membantu melindungi usus dari serangan bakteri jahat dan penyakit yang bersumber dari usus.

  4. Kopi melancarkan pencernaan
    Banyak orang yang belum tahu jika kopi juga membantu menstimulasi cairan dalam lambung. Hal ini mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi.

    Konsumsi dua cangkir kopi sehari terbukti bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut serta menjaga sistem pencernaan. Jadi kalau punya masalah pencernaan, konsumsi kopi di pagi hari bisa jadi salah satu solusinya.

  5. Kopi melindungi fungsi hati
    Banyak penelitian telah dilakukan tentang efek kopi pada kesehatan hati dan hasilnya selalu membawa kabar baik. Kopi bukan hanya bisa merawat sel-sel pada hati tapi juga menghindari berbagai penyakit yang berasal dari hati.

    Penyakit pada hati yang bisa diatasi dengan kopi antara lain adalah sirosis atau hati yang berlemak. Tapi atur jumlah konsumsinya dalam sehari. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi kopi malah bisa memberikan dampak buruk.

  6. Perhatikan menu sarapan pendamping kopi
    Menu sarapan klasik biasanya terdiri dari kopi, jus jeruk dan roti, tapi komposisi ini ternyata tidaklah baik. Menurut para ahli gizi, kopi dan jus jeruk bisa membuat suasana lambung menjadi terlalu asam.

    Makin berbahaya lagi jika jus jeruk yang dikonsumsi adalah jus kemasan. Jadi menu sarapan ideal yang disarankan adalah kopi dengan oatmeal yang diberi susu kedelai, kacang dan beberapa potong buah segar.

    Tapi bisa juga memilih kopi dengan sandwich yang terbuat dari roti gandum dengan dada ayam kalkun dan alpukat.

 

 

LEAVE A REPLY