Alasan Penting untuk Menghindari Kopi di Pagi Hari

0
16
Ada alasan penting untuk tidak mengonsumsi kopi saat sarapan. Foto: thinkstock

FI.CO – Sebagian orang terbiasa minum kopi di pagi hari sebagai pendamping sarapan. Namun kebiasaan ini sebaiknya segera dihentikan, sebelum berubah menjadi adiksi atau ketergantungan. Adiksi bisa berisiko buruk bagi kesehatan.

Mengutip detikcom dari Time health, tingkat produksi kortisol di pagi hari cenderung tinggi. Akibatnya kopi tidak memberi banyak manfaat bagi tubuh.

“Kopi atau minuman berkafein lainnya sebaiknya diminum jam 10 pagi atau antara pukul 2 hingga 5 sore,” kata ilmuwan saraf Steven L. Miller.

Kortisol diproduksi otak sebagai respon atas stres dan level gula yang rendah dalam tubuh. Hormon yang membantu tubuh selalu siap dan waspada ini membantu memulai aktivitas di pagi hari. Produksi kortisol alami sudah cukup untuk kebutuhan tubuh.

Minum kopi berisiko mengganggu siklus otak dalam memproduksi kortisol. Tubuh lebih bergantung pada kafein dalam kopi untuk merespon stres. Akibatnya otak memproduksi kortisol lebih sedikit daripada kebutuhan tubuh.

Kondisi ini berisiko menurunkan tingkat toleransi tubuh pada kafein. Dosis yang terus meningkat perlahan menyebabkan ketergantungan pada kopi, sebagai bentuk respon tubuh terhadap stres. Dengan fakta ini, minum kopi di pagi hari harus seger a berhenti karena tidak efektif.

LEAVE A REPLY