4 Strategi agar Tidak Cepat Lelah Saat Olahraga

0
2
Ilustrasi olahraga lari (UberImages)

FI.CO – Idealnya, olahraga dilakukan minimal selama 30 menit per hari. Namun, beberapa orang merasa cepat lelah, padahal belum sampai 30 menit berolahraga.

Ya, memang agar tidak cepat lelah saat olahraga dibutuhkan stamina dan tenaga yang cukup. Lalu, bagaimana supaya tetap kuat selama sesi olahraga tersebut? Berikut tips-nya:

1. Dengarkan tubuhmu
Tidak masalah jika kamu ingin berlatih lebih keras dan mendorong diri untuk terus olahraga. Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan. Namun ingat, tubuh juga perlu istirahat.

Jika memang sudah merasa sangat lelah, hal yang kamu butuhkan adalah istirahat yang sepadan dengan latihan yang sebelumnya dilakukan. Jangan memaksakan tubuh tetap berolahraga.

Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah akan semakin loyo. Jika ini terjadi dan semakin memperburuk latihanmu, berhentilah sebentar setidaknya satu hari. Kamu bisa melakukan latihan yang lebih ringan dari biasanya agar tidak cepat lelah saat olahraga, seperti lari ringan, bersepeda, atau berenang.

2. Tingkatkan intensitas dengan perlahan
Agar tidak cepat lelah saat olahraga, kita perlu meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Kamu dapat memulai latihan dengan interval yang pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

Kamu juga bisa melakukan jenis latihan lain seperti burpees, squat, atau bahkan push up. Selain itu tambahkan repetisi ke dalam latihan secara bertahap. Jika memang sudah terbiasa, kamu akan sanggup dan tidak akan merasa lelah saat olahraga.

3. Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar tidak cepat lelah saat olahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan dan tak perlu memaksakan diri. Namun, lagi-lagi kamu harus menambahkan durasi tersebut perlahan.

Kunci untuk meningkatkan stamina adalah frekuensi dan durasi olahraga yang kita lakukan. Pastikan kamu konsisten melakukan olahraga agar kebugaran terjaga. Menurut rekomendasi American College of Sports Medicine, kita disarankan melakukan tiga hingga lima latihan dalam seminggu, masing-masing selama kurang lebih 20 menit.

4. Cobalah beberapa jenis olahraga
Mengganti atau melakukan latihan yang beragam penting untuk membangun daya tahan tubuh dan stamina. Ini juga bisa dilakukan agar kita tidak cepat lelah saat olahraga.

Tubuh akan terbiasa dengan olahraga yang kita lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, kita bisa melakukan beberapa olahraga lainnya.

Misal jika biasanya olahraga lari, kamu bisa mulai melakukan muay thai, atau bisa mengganti bersepeda dengan berjalan naik turun tangga. Melakukan berbagai jenis olahraga seperti ini bisa membantu otot-otot lain lebih berkembang.

sumber: Kompas.com

LEAVE A REPLY